Infografis Penduduk Desa Jarum

 

Infografis di atas berisi informasi mengenai statistik dan data penduduk Desa Jarum pada tahun 2022. Data tersebut diperoleh dari data pemerintah Desa Jarum. Dari infografis di atas, dapat diketahui sejarah terbentuknya nama “Desa Jarum” dan letak geografi desa Jarum. Diperoleh pula informasi jumlah penduduk Desa Jarum yang mencapai 3.239 jiwa dengan rincian penduduk berjenis kelamin laki-laki mencapai 1.615 jiwa dan penduduk yang berjenis kelamin perempuan mencapai 1.624 jiwa. Berdasarkan data tersebut dapat lihat bahwa perbandingan jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki dan perempuan tidak berbeda jauh. Hal ini dapat dilihat secara visual pada bagan jumlah penduduk menurut jenis kelamin.

Untuk data penduduk berdasarkan usia produktif adalah sebagai berikut, penduduk dengan kategori umur muda (0-14 tahun) sebanyak 678 jiwa atau sekitar 20.9%, penduduk dengan kategori umur produktif (15-64 tahun) sebanyak 2.180 jiwa atau sekitar 67.7%, dan penduduk dengan kategori umur tua (> 64 tahun) sebanyak 381 jiwa atau sekitar 11.8%.
Sedangkan pada data penduduk menurut jenis pekerjaan, mayoritas penduduk jarum berprofesi sebagai buruh harian lepas yaitu sebanyak 1.429 jiwa dengan rincian penduduk berjenis kelamin laki-laki mencapai 765 jiwa dan penduduk berjenis kelamin perempuan mencapai 664 jiwa. Desa Jarum merupakan desa wisata batik, namun para pengrajin batik sebagian besar hanya mengambil pekerjaan dari para pemilik usaha batik tanpa ada ikatan ketenagakerjaan.

Dengan adanya infografis ini, diharapkan dapat memberikan informasi mengenai gambaran tentang Desa Wisata Batik sehingga dapat menarik jumlah wisatawan lebih banyak lagi dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di Desa Jarum. Diharapkan pula dapat membantu perangkat desa dalam menganalisis keadaan penduduk, dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan pembuatan program di masa mendatang.

Bagikan :

Terkait

About Pemerintah Desa Jarum

Bersama Mewujudkan Desa Jarum yang Berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.